Social Media

Recent Posts

Indonesia Emas Tahun 2045 ? Benarkah Demikian!

Jumat, 18 November 2016
INDONESIA EMAS TAHUN 2045 ?
BENARKAH !

Indonesia emas tahun 2045, akhir-akhir ini hal tersebut sangatlah menjadi topik perbincangan di hampir semua kalangan, baik kalangan pemerintahan maupun kalangan masyarakat umum. Namun banyak juga yang belum tau apa maksud dari wacana tersebut, bahkan banyak juga yang bertanya tanya “Apa sih maksud dari Indonesia emas tahun 2045 ?”  “Apakah Indonesia akan menjadi negara yang kaya akan emas ?”, atau  Indonesia akan mampu mengolah PT. Freeport secara mandiri yang mana perusahaan tersebut adalah salah satu perusahaan tambang emas terbesar di Indonesia, atau wacana tersebut hanyalah sebatas guyonan pelipur lara belaka .
Bangsa Indonesia ini  telah mengalami banyak perkembangan dari zaman ke zaman, dari sebelum merdeka hingga sampai saat ini, dari yang dipimpin oleh Soekarno hingga dipimpin oleh Joko widodo, jika dihitung bangsa Indonesia telah melakukan pergantian pemimpin sebanyak 6 kali. Sehingga berdampak pada perkembangan politik, sosial, dan ekonomi yang berganti secara dinamis mengikuti gaya pemerintahan pada tiap-tiap pemimpin pada masanya. Namun mengapa terdapat wacana “Indonesia emas tahun 2045 ?” “Mengapa harus 2045 ? Kenapa tidak 2020 ?”, hal tersebut pasti memiliki alasan yang kuat, sehinga berhasil mengahsilkan wacana tersebut.
Pada tahun 2045 adalah tahun dimana bangsa  Indonesia telah merdeka selama 100 tahun kemerdekaan. Lantas apa hubungannya dengan Indonesia emas ?. Pada tahun 2045 tersebut bangsa Indonesia mendapatkan bonus demografi dimana masyarakat bangsa Indonesia didominasi oleh usia produktif sebanyak 70%. Oleh sebab itu pemerintah mencanangkan program tersebut, guna mampu memaksimalkan bonus demografi yang ada agar dapat memajukan bangsa Indonesia.

Pemuda adalah salah satu alasan adanya wacana tersebut. Mengapa ada di pundak pemuda ? kenapa tidak di orang dewasa, anggota pemerintahan, karyawan swasta, ataupun Presiden dan wakilnya. Hal tersebut dikarenakan kita tahu sendiri bahwa masyarakat Indonesia bisa dikatakan masyarakat yang gampang terpancing emosinya sehingga membutuhkan pemersatu yang dapat mempersatukan emosinya. Oleh sebab itu digunakan sebutan pemuda karena sebutan pemuda diterima secara universal di seluruh Indonesia tanpa membeda bedakan suku, ras, agama, maupun golongan sehingga dapat terhindar dari hal hal  yang merugikan, misalnya perpecahan, kebencian, balas dendam, ataupun semacamnya yang akan mengganggu stabilitas yang ada pada bangsa Indonesia.
Pemuda adalah sosok yang berani, antusias, kritis, inovatif, penuh ambisi dan juga penuh semangat. Pemuda juga adalah kunci bagaimana Indonesia kedepannya, sebuah revolusioner penerus bangsa. Mengapa demikian ? itu karena masa depan bangsa tergantung di pundak mereka, pemuda adalah identitas yang sangat berpengaruh sebagai pengembang cita cita bangsa dan  juga sebagai arsitek yang akan membangun bangunan yang bernama bangsa Indonesia.

Indonesia emas tahun 2045 adalah generasi emas indonesia, generasi yang akan membawa negara indonesia menjadi negara yang adil, makmur, aman, dan juga menjadikan negara Indonesia menjadi negara maju yang mana mampu mengolah semua sumber daya alam yang ada di Indonesia secara mandiri tanpa ada campur tangan maupun intervensi dari negara lainnya, sehingga juga akan meningkatkan kedaulatan dan juga wibawa bangsa Indonesia.
Tepat pada 100 tahun negara Indonesia merdeka. Kita sebagai pemuda pemudi bangsa indonesia harus mampu membuat gebrakan baru yang kuat dengan bekerja dan bekerja yang diharapkan dapat menggapai satu demi satu tangga kemakmuran.
Pemuda adalah generasi emas bangsa yang merupakan generasi yang dituntut sanggup bersaing secara global dengan kecakapan intelektual yang mumpuni, sehat jasmani dan rohani, berbudi luhur, produktif dalam hal yang baik, penuh akan inovasi inovasi baru, kreatif dalam memanfaatkan celah, dan mampu memiliki interaksi sosial yang baik dengan masyarakat luas, sehingga tercipta kedamaian dan ketertiban di masyarakat.
Indonesia emas tahun 2045 adalah salah satu cita cita bangsa, dimana diharapkan indonesia bisa menyaingi negara negara maju lainnya dalam segala bidang ekonomi, sosial dan juga tetap mempertahankan budaya lokal dan juga adat isitiadat yg berkembang di kalangan masyarakat agar dapat memberikan kesan yang sedikit berbeda dengan negara negara lainnya dan memberikan ciri khas tersendiri yang menjadikan negara Indonesia kaya akan budaya daerah yang tidak ada duanya di segala penjuru dunia. Oleh sebab itu kebudayaan daerah yang berkembang di kalangan masyarakat tidak boleh ditinggalkan, melainkan harus tetap dilestarikan agar tidak hilang ditelan kemajuan zaman yang terus menggerogoti budaya budaya daerah yang ada di Indonesia. Maka kita sebagai pemuda Indonesia haruslah bangga akan kayanya budaya daerah yang ada di Indonesia, serta harus tetap ikut melestarikan budaya budaya daerah tersebut.

“Lalu bagaimana  solusi untuk bisa mencapai cita cita besar bangsa Indonesia tersebut ??”

Nah hal yang paling penting untuk bisa mencapai cita cita besar bangsa Indonesia tersebut adalah saling terkoordinasinya  antar lembaga lembaga pemerintahan yang ada di indonesia yang memiliki tujuan dan cita cita yang sama. Kemudian meningkatkan tingkat pendidikan yang ada serta menyamaratakan pendidikan di daerah daerah perbatasan maupun daerah daerah tertinggal dengan pendidikan yang ada di kota kota besar supaya tidak terjadi kesenjangan tingkat pendidikan yang akan mempengaruhi kualitas sumber daya manusia di daerah tersebut, untuk itu pemerintah haruslah gerak cepat untuk mengatasi permasalahan ini, kemudian juga membangun akses jalan raya yang layak guna dapat meningkatkan mobilitas penduduk yang ada di daerah tersebut agar mereka dapat meningkatkan kualitas dirinya dengan mengenal dunia luar diluar daerahnya sendiri.

Peran pendidikan sendiri dalam mempersiapkan generasi emas tahun 2045 sangatlah penting. Itulah sebabnya, Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) perlu menyiapkan pendidikan tenaga pendidik untuk menyiapkan generasi 2045 itu, dan manajemen ketenagaan pendidik yang profesional. Dalam konteks penyiapan generasi 2045, peran pendidik sangatlah penting dan masa depan bangsa ada di pundak pendidik maupun guru. Sistem pendidikan masa depan bangsa Indonesia adalah pendidikan yang mengantarkan generasi masa kini menjadi generasi emas Indonesia tahun 2045. Generasi ini akan menjadi generasi penduduk warga dunia yang bersifat transkultural, namun harus tetap hidup dan berkembang dalam jati diri dan budaya Indonesia sebagai sebuah bangsa yang bermartabat.
Generasi Indonesia emas tahun 2045 adalah generasi Indonesia di abad ke 21 yang ditandai dengan ketersediaan teknologi yang telah mengubah pola hidup dan pola pikir masyarakat  tanah air. Teknologi informasi yang telah mampu digunakan masyarakat yang mampu menunjang  dalam berbagai hal, baik dalam komunkasi maupun bisnis.

      Oleh sebab itu kita sebagai pemuda haruslah menyadari  akan pentingnya hal tersebut. Tantangan generasi emas di tengah problematika pendidikan karakter atau watak bangsa Indonesia adalah suatu konstruksi budaya tentang sikap hidup, cara berpikir dan bertindak dari setiap individu bangsa Indonesia yang multikultural yang terpancar dari nilai-nilai budaya dan ideologi nasional Indonesia yaitu Pancasila yang akan menjadi panutan dalam menghadapi perubahan global. Pemuda memiliki kemampuan yang signifikan dalam memajukan negaranya.

Pemuda juga menentukan arah tujuan dan masa depan bangsa. Selain itu pemuda juga menjadi pelaku aktif dalam proses pembangunan nasional serta berperan dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Pemuda kita ditantang untuk membawa perubahan untuk bangsa dan negara yang lebih baik. Negara ini membutuhkan aksi kongkrit, bukan hanya gerakan parlemen di jalan atau pun di ruang rapat diskusi.


Tentunya pemuda masa depan akan didominasi oleh nilai-nilai dan pemikiran cosmopolitan, dan karenanya setiap pelakunya, termasuk pelaku bisnis dan politik, dituntut memiliki 4 C, yaitu concept, competence, connection, dan confidence (Rossabeth Moss Kanter, 1994). Sehingga lahirlah inspirator, inisiator, motivator, dan organisator bangsa yang kompeten. Seperti pesan bung karno “Sediakan sepuluh pemuda maka akan kuguncangkan dunia”. Lantas benarkah hal itu akan terjadi kelak di masa depan ??. Semua akan terjawab seiring dengan berjalannya waktu.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar